Software Developer Jakarta - Pengertian Software Developer

Software Developer Jakarta - Software Developer adalah seorang pengembang aplikasi perangkat lunak, bukan hanya sekedar membuat tapi  memantau kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan juga tingkat keamanan perangkat lunak tersebut. Singkatnya, seorang Software developer ini membuat dan juga memelihara program yang sudah dibuat.

Secara umum, seorang pengembang atau developer tidak terlalu bertanggung jawab untuk merancang keseluruhan sistem. Sebaliknya, pengembang atau developer hanya berfokus pada satu proyek sebagai bagian dari keseluruhan. Sementara para Software Engineer merancang, menghubungkan, mengawasi, dan memimpin proyek, Software Developer menuliskan kode dari tangan mereka untuk menghidupkan proyek yang dibuat tersebut.

Software Developer harus bisa menganalisis persyaratan perangkat lunak yang diberikan kepada mereka dan menentukan cara terbaik untuk membangun fungsi yang spesifik. Mereka setidaknya harus menguasai satu bahasa pemrograman baik itu front-end ataupun back-end dan terbiasa dengan praktik pengembangan berbasis tes.

Selama proses pengembangan, Software Developer kemungkinan akan bekerja sama dengan designer grafis, perwakilan client, manajer senior, manajer produk, dan pengambil keputusan. Dan karena membangun sebuah perangkat lunak adalah proses berulang dengan persyaratan yang seringkali berubah, pengembang atau software developer harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan bisa menerima feedback dari semua anggota tim termasuk dari pengguna.

Ketika pengalaman mereka mulai tumbuh, Software Developer dapat bisa memulai merancang bagian-bagian arsitektur dan mengelola berbagai sistem, dengan demikian mereka mengambil tanggung jawab sebagai seorang Engineer dan akhirnya mereka bisa naik jabatan menjadi software engginer.


Deskripsi Pekerjaan Seorang Software Developer Yang Ada Di Jakarta

Seperti yang telah kita dibahas diatas, seorang developer biasanya melakukan pekerjaan tertentu, seperti pengembangan untuk bagian front-end atau pengembangan untuk bagian back-end, dalam sebuah sistem IT yang lebih besar dan dapat berpartisipasi dalam kerangka pengembangan tertentu untuk menyelesaikan suatu tugas. Biasanya perusahaan memposting iklan lowongan kerja untuk pekerjaan sebagai seorang “Back-End Developer” atau ” Front-End Developer.”

Berikut ini adalah beberapa keterampilan, kualifikasi, serta tanggung jawab yang biasanya ditemukan dalam deskripsi pekerjaan sebagai seorang Software Developer.


Deskripsi Pekerjaan Seorang Software Developer Yang Ada Di Jakarta
Deskripsi Pekerjaan Seorang Software Developer Yang Ada Di Jakarta


Keterampilan dan Kualifikasi Software Developer:

  • Mampu menulis kode yang rapih, mudah dibaca, dan dapat di maintenance dengan mudah.
  • Memiliki keahlian dalam bidang bahasa pemrograman tertentu seperti Javascript, Java, PHP, Python, C, C++, dan lain sebagainnya.
  • Pernah berpengalaman membangun atau membuat sebuah aplikasi front end dengan bahasa pemerograman tertentu seperti Javascript, Java, PHP, Python, C, C++, dan lain sebagainnya.
  • Berpengalaman dalam tools untuk membantu kerja dalam tim seperti gitversion control seperti github, Grunt / Gulp, bitbucket dan lain sebagainnya
  • Berpengalaman dalam mendesign sebuah aplikasi atau perangkat lunak
  • Memahami dengan baik kompatibilitas aplikasi lintas platform


Tanggung Jawab Software Developer:

  • Berkontribusi penuh pada peningkatan arsitektur design UI pada perangkat lunak
  • Mampu berinovasi serta menjelajahi berbagai teknologi terdepan untuk menciptakan fitur-fitur inovatif yang baru
  • Mampu membangun alat untuk meningkatkan produktivitas kerja dibagaian internal
  • Mampu berpartisipasi dalam pembuatan sebuah prototipe berulang berulang berdasarkan persyaratan yang dibutuhkan dalam sebuah proyek
  • Mampu saling berkolaborasi atau bekerja sama baik itu dengan desainer, Engineer front-end, manajer produk, dan Engineer QA untuk mempertahankan kualitas UX dari perangkat lunak yang dibuat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar