Software Developer Jakarta - Android Developer

Software Developer Jakarta - Android Developer adalah seseorang yang mengembangan atau merancang aplikasi mobile untuk sistem operasi yang bebrbasi Android. Biasanya para Android developer menggunakan bahasa pemerograman JAVA untuk membuat aplikasinya dan menggunakan bantuan SDK atau Software Development Kit dan juga beberapa tools lainnya. Berikut ini adalah Jobdesc seorang Software Developer Andorid di Jakarta.

Jobdesc Software Developer Android Di Jakarta?


Jobdesc Software Developer Android Di Jakarta?
Jobdesc Software Developer Android Di Jakarta?

  • Mendesain dan juga mengembakan aplikasi canggih untuk perangkat Android.
  • Bekerja dengan sumber data eksternal dan juga API(Application Programming Interface).
  • Melakukan percobaan tes untuk ketahanan, termasuk kegunaan, serta kehandalan.
  • Mengevaluasi dan memperbaiki bug serta meningkatkan kinerja aplikasi yang dibuat.
  • Menerapkan teknologi yang baru untuk memaksimalkan efisiensi pengembangan aplikasi.
  • Menterjemahkan desain dan wireframes ke dalam baris kode yang berkualitas tinggi.
  • Memastikan kinerja aplikasi yang dibuat berjalan dengan baik yang menyangkut kualitas, dan respon dari aplikasi yang dibuat.
  • Membantu menjaga kualitas dari kode, organisasi, dan otomatisasi dengan baik.


Cara Menjadi Seorang Software Developer Android Di Jakarta

  • Memperkuat Pengetahuan Tentang Dasar JAVA & XML

Pengetahuan ini sangat penting untuk diketahui jika ingin menjadi seorang Software Developer Android Di Jakarta karena bahasa pemerograman JAVA dianggap sebagai bahasa pemrograman yang dasar untuk pengembangan aplikasi android. Jika Anda tidak pernah belajar dasar dari JAVA namun tiba-tiba anda mulai melakukan coding anda tentunya akan mengalami kesulitan, seperti konsep Class, Package, access modifier(public/private/protected) dan konsep-konsep lainnya yang harus anda pelajari terlebih dahulu.
Lalu XML adalah bahasa markup yang juga banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML ini biasa dipakai di dalam Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia pemerograman. XML itu sendiri sebenarnya tidak susah untuk dipelajari, yang perlu Anda pahami hanyalah tentang aturan aturan dasarnya dan bagaimana cara menuliskan kode XML dan bagaimana cara membacanya, kuasailah dulu dua hal tersebut.

  • Pemilihan Tools yang Akan Digunakan

Ada beberapa Tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam mengembangkan aplikasi Android, seperti Android Studio atau Eclipse.

Dua tools tersebut juga merupakan tools yang paling sering digunakan untuk men-develope aplikasi Android, namun seiring berkembangnya teknologi IT, para Android Developer lebih banyak menggunakan Android Studio sebagai tools untuk membantu mereka membuat aplikasi Android. Android Studio merupakan sebuah IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android. Selain itu Android Studio merupakan pengembangan dari tools Eclipse, sehingga Android Studio lebih memiliki banyak fitur-fitur yang lebih baru dibanding Eclipse. Hanya saja, Android Studio lebih berat dijalankan dibandingkan dengan Eclipse.

  • Pemilihan Library Android yang Terbaru

Gunakan fungsi library yang ada pada Android Studio, untuk mempercepat pengerjaan pengembangan project aplikasi Android, banyak dari para Android Developer biasanya tidak lepas dari penggunaan library-library open source yang sangat membantu mereka dalam pengembangan aplikasi Android. Karena banyak sekali library yang tersedia di github dan tempat lainnya yang kadang itu semua membuat kita kebingungan untuk menentukan library mana yang cocok untuk digunakan. Sangat penting untuk kita mengupdate informasi tentang fungsi library ini dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti :

    1. Fungsional
    2. Read Me & Quick Start
    3. Source Code
    4. Visualisasi
    5. Dokumentasi
    6. Histori Aktivitas & Komunitas
  • Selalu Update Informasi

Untuk menjadi seorang developer yang baik sebaiknya Anda selalu mengupdate informasi dengan hal hal yang baru di dunia Android, ada banyak cara untuk selalu update informasi misalnya mengunjungi situs website yang menyediakan informasi ter-update mengenai perkembangan Android, bergabung dengan suatu komunitas atau forum yang membahas tentang Android Developing, dan lain lain.

  • Berlatih untuk berkerja dalam Tim

Beberapa programmer banyak yang suka bekerja sendiri, tapi akan lebih baik jika kita bisa bekerja sama dengan tim karena sejumlah aspek dapat dikerjakan secara bersamaan dan tentunya akan lebih efektif dan sesuai dengan target yang akan dicapai.

  • Utamakan Kualitas

Beberapa developer mempunyai pemikiran bahwa semakin banyak aplikasi yang mereka buat maka mereka akan jadi semakin sukses, tapi sayangnya hal ini jarang sekali terjadi. Karena lebih baik developer menginvestasikan waktu yang mereka punya untuk menciptakan satu aplikasi yang berkualitas dibanding membuat 3 aplikasi dengan kualitas yang kurang.

  • Memahami Betul Arsitektur Android

Membuat aplikasi android itu ada aturannya dan tidak bisa sembarangan Misalnya desain, komponen, pattern, dan masih banyak lagi. Ada baiknya bila Anda mengawali dengan memahami apa itu Android dan bagaimana cara mengembangkan desainnya. Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi Android yang keren dan tidak pasaran Anda perlu memahami arsitektur Android terlebih dahulu.

  • UI dan UX

Hal penting yang lain dalam pembuatan sebuah aplikasi yaitu dari tampilan dan penggunaan, sejumlah website seperti Android Niceties, Android Holo Color Generator, Android UI & UX, dan Android Asset Studio bisa diakses untuk membantu Anda dalam pengembangan aplikasi Android.
Seorang developer harus paham betul dalam mendesain tampilan untuk antar muka antara pengguna dan sistem. Hal ini bertujuan untuk memanjakan pengguna dari segi tampilan maupun kegunaan fungsi yang dibuat.

  • Terus Belajar

Seorang developer harus peka terhadap setiap perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju guna mengimbangi hal itu, developer dituntut untuk selalu belajar.

Kurang lebih seperti itulah pengertian dan juga tips bagi kalian yang ingin menjadi Software Developer Jakarta khususnya untuk mengembangkan aplikasi Android. Jika Anda punya ide tentang aplikasi mobile dan membutuhkan jasa pengerjaan aplikasi mobile, Anda bisa mengunjungi website berikut untuk menggunakan jasa layanan pembuatan aplikasi mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar