Keahlian Software Developer Jakarta

Software Developer Jakarta - Software engineer adalah orang yang meneliti, merancang, dan mengembangan sistem software untuk memenuhi kebutuhan client. Setelah semua sistem sudah secara penuh dirancang oleh software developer jakarta, lalu mereka melakukan ujicoba, perbaikan bug, dan juga perawatan pada software yang mereka buat.


Software Engineer juga perlu memiliki pengetahuan mengenai bahasa pemrograman komputer dan aplikasi, ini karena luasnya dunia kerja sebagai seorang Software Engineer.


Software engineer kadangkali merupakan seorang programmer atau software developer. Tergantung pada tipe organisasi, software engineer kadang dapat menjadi spesialis dalam sistem atau aplikasi. Software engineering merupakan salah satu profesi IT yang paling populer dan banyak dicari.


Kemampuan Yang Harus Dimiliki Software Developer Jakarta


Kemampuan Yang Harus Dimiliki Software Developer Jakarta
Kemampuan Yang Harus Dimiliki Software Developer Jakarta

Menguasai Satu atau Lebih Bahasa Pemrograman

Hal ini adalah kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh seorang Software Engineer. Tentu Anda tidak bisa merangkai kode bila Anda belum mengerti mengenai bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa pemrograman paling laris di tahun 2019 yaitu, Java, Phyton, C#/Net, Mean, dan Ruby yang bisa Anda jadikan sebagai referensi jika ingin memperdalam salah satunya.

Selain belajar secara formal disekolah atau kampus, Anda juga bisa mengasah skill ini lewat kursus-kursus atau tutorial online yang tersedia cukup banyak di Internet. Hal ini sangat penting untuk Anda, karena bahasa pemrograman terus berkembang dan Anda perlu mengikutinya.


Menguasai Programming

Salah satu skill terpenting yang harus dimiliki oleh Software Engineer adalah programming yang berfokus pada algoritma. Di mana hal ini akan dipakai sehari hari untuk mengerjakan pekerjaanya. Maka dari itu, Anda perlu menguasi beberapa bahasa pemrograman seperti yang sudah disebutkan di atas.


Menguasai Software Testing

Meski proses pengkodean sudah dilakukan dengan sangat baik, tidak menutup kemungkinan akan tetap ada eror pada aplikasi yang dibuat. Sebagai seorang Software Engineer, akan lebih baik jika kamu dapat melakukan testing sendiri untuk melihat letak erornya dimana, sebelum kesalahan tersebut merugikan pengguna atau client.


Mampu Melakukan Software Debugging

Seorang Software Engineer umumnya akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk debugging code pada aplikasi yang dibuat dibandingkan dengan coding. Oleh karena itu, sangat penting untuk menguasai software debugging pada code yang dibuat.

Selain dengan banyak belajar, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan programming Anda, yaitu dengan memperbanyak pengalaman Anda dalam mebuat suatu aplikasi ataupun website.


Soft skills yang dibutuhkan seorang Software Engineer

Selain ada hard skill, jika Anda ingin bekerja di bidang software engineering sebagai seorang Software Engineer yang profesional Anda juga harus memiliki soft skill sebagai berikut:

Detail dan Teliti

Seorang Software Engineer yang memerhatikan detail cenderung akan melakukan coding dengan sangat baik dan memberikan hasil dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, Anda juga akan lebih mampu menangkap kesalahan dalam kode yang dibuat.


Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Software Engineer perlu bekerja dengan berbagai posisi, seperti developer, serta klien. Maka dari itu, penting sekali menguasai komunikasi secara lisan maupun tulisan, untuk mempermudah koordinasi di dalam tim atau dengan orang lain.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menjelaskan hal yang bersifat teknis dan kompleks kepada orang awam.


Memiliki kemampuan berpikir logis yang baik

Seorang Software Engineer harus dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cara berpikir dan pendekatan yang terstruktur dan logis. Alasannya, kadang dalam sebuah perangkat lunak umumnya muncul eror dari kesalah yang kecil saja. Sehingga sebagian besar waktu banyak dihabiskan untuk memecahkan masalah daripada menulis lanjutan kode programmnya.

Memiliki kemampuan pemecahan masalah secara logis yang baik tentu akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah. Kemapuan berpikir secara terstruktur dan logis akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan dengan baik.


Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Dunia pemrograman terus berkembang dengan pesat, oleh karena itu penting untuk Anda memiliki rasa ingin tahu dan terus belajar yang tinggi. Cobalah untuk tetap mengetahui tren atau informasi terupdate dengan membaca artikel, menghadiri workshop, dan bergabung dalam komunitas.

Hal itu akan membantu Anda untuk memperluas pengetahuan, mengetahui beragam hal yang baik itu berhubungan atau tidak berhubungan langsung dengan pekerjaanmu, dan tentunya menjadikan Anda seorang Software Engineer yang lebih berkompeten.

Selain itu, dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan memiliki pengetahuan yang luas dapat memicu ide yang kreatif untuk memecahkan suatu masalah.


Software engineer merupakan posisi yang sangat dibutuhkan dan dicari di tahun-tahun mendatang, apalagi dengan terus berkembangnya teknologi saat ini. Mengasah beberapa kemampuan di bidang software engineering yang diperlukan akan membuatmu semakin kompetitif dalam dunia kerja.

Mengikut kelas online atau belajar otodidak, ataupun bergabung di suatu komunitas dapat membantu Anda memperdalam kemampuan yang dibutuhkan, baik hard skill maupun soft skill.


Jika Anda memerlukan jasa pembuatan software ataupun website anda bisa mengunjungi website berikut ini untuk menggunakan jasa pembuatan software ataupun website.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar