Software Developer Tangerang - iOS Developer Tangerang

Software Developer Tangerang - iOS Developer  adalah sebutan untuk seseorang yang membuat, mengembangkan, dan memelihara aplikasi smartphone untuk platform iOS. Software Developer Tangerang biasanya menggunakan bahasa pemerograman seperti SWIFT / Objective – C untuk mengembangkan atau membuat aplikasi berbasis iOS.


Tips Menjadi iOS Developer Ala Software Tangerang
Tips Menjadi iOS Developer Ala Software Tangerang


Tips Menjadi iOS Developer Ala Software Tangerang

  • Mempelajari Dasar Pemograman

Mempelajari tentang pemograman dasar merupakan salah satu hal yang sangat penting jika Anda mau menjadi seorang IOS Developer. Misalnya ketika ada masalah, mungkin kita bisa mengkali masalah tersebut dengan mencari solusinya di Google atau berta melalui forum Stack Overflow. Tapi, cara ini belum tentu berhasil, malah mungkin bisa akan menjadi susah, oleh karena itu kita harus tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah tersebut.

  • Pelajari SWIFT / Objective – C

Anda tidak harus mempelajari kedua bahasa pemrograman tersebut, tapi jika Anda mengetahui keduanya akan jadi sangat bagus. Anda bisa memilih salah satunya untuk mengembangkan aplikasi iOS yang mau Anda buat. Ada banyak sekali artikel yang membahas mana yang lebih baik dipelajari SWIFT atau Objective – C. Menurut saya sendiri itu kembali lagi kepada Anda, karena membahas mana bahasa pemrograman yang lebih baik akan sangat membuang waktu.

  • Pelajari iOS Development

Jika Anda telah mempelajadi SWIFT/Objective – C, Anda juga harus mengetahui tentang seluk beluk iOS Development, artinya kita harus mengerti tentang bagaimana membuat :

    • Membuat Build View.
    • Membuat User interaction.
    • Menampilkan data di tabel.
    • Menampilakan tanda peringatan atau notifikasi pop up.
    • Navigasi dan Transisi antara view.
    • Menampilkan Gambar, label, video dan teks.
    • Mengintegrasikan aplikasi dengan REST API/JSON di iOS.
  • Berlatih Untuk Membuat Aplikasi

Jika Anda telah membaca banyak tutorial dan buku tentang pengembangan aplikasi iOS. Tapi Anda belum pernah praktik membuat aplikasi, itu semua akan percuma. Anda harus mulai mencoba untuk membuat sebuah aplikasi walaupun aplikasi tersebut masih sederhana. Sebelum Anda memulai mempraktikannya, Anda perlu beberapa tools dan beberapa rangkaian teknis, berikut ini adalah tools dan rangkaian teknis yang perlu Anda persiapkan :

    1. Memiliki Website pribadi– Apple menyarankan para developernya untuk memiliki website pribadi, ini ditujukan agar setiap pelanggan dapat langsung menghubungi developer jika terdapat feedback dari user tanpa perlu melalui pihak Apple.
    2. Mac atau Macbook dan juga Device – Memiliki Mac/Macbook sangat dianjurkan, hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kesulitan saat pembuatan aplikasi. Karena mungkin akan ada banyak masalah yang terjadi jika Anda mencoba mengakalinya dengan Hackintosh, seperti tool yang tidak compatible atau masalah lainnya.
    3. Registrasi sebagai iOS Developer – Anda harus Registrasi untuk menjadiiOS Developer di developer.apple.com dengan biaya pertahun sebesar $99, dimana proses verfikasinya akan memakan waktu kurang lebih 2 hari. Memang ini agak mahal untuk skala developer pemula apalagi mahasiswa/pelajar, tapi semuanya akan terjawab ketika Anda sudah mulai melakukan pengembangan.
    4. Registarsi di iTunes – Setelah akun Anda telah terverifikasi yang dilakukan selanjutnya adalah mendaftarkan akun Anda ke itunesconnect.apple.com yang tujuannya untuk mendaftarkan aplikasi kita ke App Store nantinya.
    5. Xcode – Inilah adalah IDE utama yang nantinya Anda akan gunakan untuk pengembangan aplikasi iOS.
    6. Apps – Setelah Anda telah selesai melakukan pengembangan, nantinya aplikasi akan di build dan di compile sehingga menghasilkan file berekstensi .ipa. Dan file inilah yang nantinya Anda bisa upload ke iTunes Connect untuk proses submit aplikasi ke AppStore.
    7. Application Loader – Apple menyediakantools untuk Anda yang mempunyai koneksi yang tidak memadai selama proses upload file, yaitu menggunakan sebuah tool Application Loader.
    8. Testing – Setelah file Anda berhasil terupload, aplikasi yang Anda buat tidak akan bisa langsung berada di App Store. Aplikasi yang Anda buat harus melalui tahap testing oleh pihak Apple.
    9. Review – Inilah proses yang menentukan apakah aplikasi yang Anda buat dapat diterima atau tidak. Jika diterima, aplikasi akan langsung berada di App Store, dan jika tidak maka pihak Apple akan memberitahu apa saja yang membuat aplikasi yang Anda buat belum siap untuk di publis di App Store.
    10. Publish di App Store ­– Diatas adalah rangkaian proses untuk mempublish aplikasi buatan Anda ke App Store. Jika Anda telah sampai pada tahap ini yang perlu Anda lalukukan adalah untuk terus memantau aplikasi dan merawat serta mendengarkan setiap masukan dari pengguna aplikasi yang Anda buat.
  • Berkolaborasi lah dengan Developer yang lainnnya di GitHub

Langkah terkahir yang sangat bagus untuk diimplementasikan karenan dengan tujuan untuk berbagi/sharing sesama developer iOS. Berikut ini adalah alasan yang perlu Anda ketahui kenapa hal ini juga penting:

  1. Anda bisa belajar menggunakan git version control.
  2. Anda bisa belajar bagaimana cara untuk analyze, dissect, dan membaca source code developer lainnya.
  3. Anda dapat belajar dari pengalaman developer yang telah lama mengembangkan aplikasi iOS.


Sekian artikel menenai “iOS developer Tangerang”. Jika Anda punya ide tentang aplikasi mobile atau sedang membutuhkan jasa pembuatan aplikasi mobile, anda bisa mengujungi website berikut untuk menggunakan jasa layanan pembuatan aplikasi mobile.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar