Software Developer Jakarta - Jenis Software dan Bedanya

Software Developer Jakarta - Software adalah sebuah perangkat lunak yang berisikan sekumpulan perintah-perintah yang dapat dilakukan oleh computer untuk membantu kerja manusia.

Menurut Software Developer Jakarta, software yang ada hingga saat ini terbagi kedalam 5 jenis, yakni:

    • Freeware
    • Shareware
    • Firmware
    • Commercial software
    • Free software

Diatas adalah 5 jenis software yang ada dan masih digunakan hingga saat ini, tapi yang akan saya bahas pada artikel ini adalah mengenai macam-macam software berdasarkan fungsinya.

Macam Macam Software dan Fungsinya Menurut Developer Jakarta


Macam Macam Software dan Fungsinya Menurut Developer Jakarta
Macam Macam Software dan Fungsinya Menurut Developer Jakarta

  • Web Browser

Browser atau web browser adalah sebuah software yang digunakan sebagai perantara untuk melihat, membuka, dan menyajikan infromasi yang didapat dari internet.

Dengan menggunakan web browser ini, penggunanya dapat dengan mudah menjelajah di dunia maya(internet) untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Contoh beberpa software web browser:

    1. Google Chrome
    2. Windows Internet Explorer
    3. Mozilla Firefox
    4. Opera
    5. Safari
    6. UC Browser
  • Software Networking

Software Networking adalah software yang dibuat guna membantu manusia dalam menangani masalah yang terkait dengan jaringan internet. Melalui software networking ini, memukinkan penggunanya untuk memantau aktifitas yang ada didalam suatu jaringan(internet) untuk memastikan tidak adanya tindakan atau aktifitas yang mengarah ke pelanggaran hukum.

Beberapa contoh dari software networking, Microsoft Network Monitor, WireShark, Angry IP Scanner, Dude, Open NMS, dan lain sebagainya.

  • Software Antivirus

Software antivirus adalah sebuah software yang dibuat untuk melindungi perangan dari serangan virus. Software ini dibuat bertujuan untuk melindungi, mendeteksi dan juga menghapus virus dari system atau perangkat komputer.

Software antivirus ini merupakan software yang sangat penting dan wajib di install pada setiap perangkat guna melindungi perangkat tersebut dari serangan virus. Kita tidak akan tau, kapan dan dari mana virus computer akan menyerang. Tapi yang pastinya, virus computer ini sangat tidak baik dan bahkan berbahaya karena dapat merusak, mencuri atau menghapus data-data yang kita simpan di dalam computer.

Beberapa contoh software antivirus, Avast, Bitdefender, Avira, Kaspersky, AVG, Smadav dan lain sebagainya.

 

  • Software Office

Software Office ini dibuat dan digunakan untuk membantu kebutuhan kantor. Software Office ini biasanya dibungkun menjadi satu paket yang bisa menampung banyak software office. Seperti software untuk presentasi, pengolahan angka, pengelolaan kata, grafis, sampai komunikasi.

Salah satu vendor software office yang banyak digunakan di Indonesia adalah Microsoft, contoh softwarenya:

    • Microsoft Word

Microsoft Word adalah sebuah software yang diperuntukan untuk pengelolaan kata. Software ini dapat membantu pekerja untuk membuat dokumen, laporan, dan lain sebagainya.

    • Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah software untuk mengolah data angka, meliputi perhitungan dasar, penggunaan rumus (fungsi-fungsi), pembuatan grafik dan manajemen data.

Software ini sangat banyak digunakan dalam bidang administrative untuk digunakan dalam perhitungan sederhana hingga yang kompleks sekalipun.

    • Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi untuk kebutuhan para pekerja. Dengan banyaknya tema atau template yang dihadirkan dalam software ini, tentunya dapat membuat slide presentasi menjadi lebih menarik.

    • Microsoft Outlook

Microsoft Outlook adalah sebuah software yang biasanya digunakan untuk mengirim dokumen seperti email, file laporan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa macam software berdasarkan fungsinya yang biasa digunakan di Indonesia. Yang perlu diingat adalah, setiap software yang dibuat pastinya memiliki sebuah tujuan dan pastinya juga dibuat oleh tangan web developer atau software developer yang handal sehingga dapat menghasilkan software-software yang dapat membantu banyak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar