Software Developer Jakarta - Pengertian dan Jenis Software

Software Developer Jakarta - Pengertian dari software adalah sebuah program komputer yang menjembatani pengguna dengan perangkat keras. Atau juga dapat didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang tersusun dari sekumpulan intruksi-intruksi code program untuk menjalankan suatu tugas tertentu. 

Tapi ada juga sumber lain yang menyebutkan kalau software adalah kumpulan dari data-data elektronik berupa instruksi atau program yang dikelolah dan disimpan oleh komputer.


Pengertian Software Menurut Kawan Developer Jakarta

Software itu sendiri dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang selanjutnya dikompilasi hingga menjadi sebuah program yang utuh dan langsung bisa dipakai oleh orang-orang. Software itu sendiri dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, seperti untuk menghitung, menulis dokumen, mengolah gambar dan lain sebagainya.


Pengertian Software Menurut Kawan Developer Jakarta
Pengertian Software Menurut Kawan Developer Jakarta


Fungsi Dari Software

Dalam membantu tugas manusia dan juga pengoperasian pada sistem komputer, software mempunyai beberapa fungsi-fungsi khusus, sebagai berikut:

  • Mengatur perangkat keras pada device untuk bekerja secara simultan.
  • Menjadi penghubung dengan hardware.
  • Sebagai penafsir setiap kode perintah hingga bisa dikenali oleh hardware.
  • Mengidentifikasi suatu program.


Berikut Ini Adalah Beberapa Jenis Software

Seiring dengan majunya teknologi, perkembangan software juga tumbuh sangat pesat. Itu semua terbukti dengan adanya keberadaan software-software yang canggih untuk membantu pekerjaan manusia, baik itu yang berbayar maupun gratis. Menurut fungsi dan juga kegunaanya, software dibagi kedalam beberapa kategori, diantaranya:

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi atau yang biasa di sebut dengan Operating System / OS. Keberadaan OS dalam komputer atau device ini sangat penting adanya, karena tanpa adanya OS ini users tidak akan bisa menjalankan ataupun memanfaatkan perangkat keras maupun perangkat lunak yang ada didalam komputer atau device. OS ini merupakan sebuah software kompleks yang memiliki banyak fungsi diantaranya, software yang mengatur seluruh hardware yang terintegrasi dengan CPU, memberi instruksi pada processor untuk mengerjakan permintaan atau request dari user, mengatur setiap proses yang terjadi didalam CPU dan menjadi wadah untuk menjalankan software yang lain.

OS dapat menjamin setiap perangkat lunak dapat mampu melaksanakan tugasnya masing-masing, tanpa mengganggu satu sama lain. Seperti yang sudah dijelaskan kalau OS sendiri dapat mengelola penjadwalan, di mana tiap aplikasi yang sedang berjalan bersamaan bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk memanfaatkan CPU.

Biasanya, OS hanya memberikan ijin pada software untuk mengoperasikan satu aplikasi dalam satu waktu. Tapi, saat ini OS juga dapat mengijinkan beberapa software dapat berjalan bersama atau multi-tasking.


  1. Software Pengolah Kata

Seperti namanya, software ini digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah kata didalam komputer. Seperti membuat laporan, menulis dan lain sebagainya. Software ini dirancang hanya untuk bisa mengolah kata saja, tidak bisa digunakan untuk melakukan perhitungan ataupun mengolah gambar.


  1. Software Pengolah Angka

Sotware ini digunakan untuk membantu manusia dalam menangani proses perhitungan agar menjadi lebih cepat dan mudah. Software jenis ini dapat membantu manusia untuk menemukan jawaban atas rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian. Software jenis ini kebanyakan dirancang untuk melakukan pengolahan data yang berupa anga, seperti melakukan perhitungan matematika, perpajakan, akutansi dan lain sebagainya.

 

  1. Software Antivirus

Software virus protection atau yang biasa disebut dengan software anti virsu, software jenis ini berfungsi sebagai pendeteksi dan juga sebagai pelindung pada komputer dari virus komputer. Software antivirus ini bisa menentukan, apakah sebuah komputer atau device telah terinfeksi virus atau tidak. Jika suatu komputer atau device terdeteksi terkena virus, maka antivirus akan langsung menghapus atau menghilangkan virus tersebut. Umumnya, cara kerja dari software antivirus ini adalah dengan cara memindai semua berkas yang ada pada komputer atau device.

Selain melindungi device atau komputer dari virus, software ini juga dapat memberi perlindungan dan juga keamanan data-data dalam komputer dari serangan malware ataupun virus. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi merasa khawatir ketika ingin menyimpan file-file penting mereka.


Kurang lebih seperti itulah pengertian dan juga beberapa jenis dari software-software yang sering atau umum digunakan. Masih ada banyak lagi jenis-jenis dari software yang tidak bisa saya sebutkan semua, yang pasti semua software memiliki manfaatnya masing-masing untuk membantu manusia dalam memudahkan pekerjaan mereka. Jika anda berminat untuk membuat atau merancang software miliki anda sendiri, entah itu untuk desktop maupun mobile. Anda dapat menggunakan Jasa Software Developer Jakarta yang dapat membantu anda dalam merancang serta mengembangkan software impian anda untuk memudahkan setiap pekerjaan yang anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar